Walikota Serang Terjun Langsung Untuk Pembuatan Rekayasa Lalulintas

Walikota Serang Terjun Langsung Untuk Pembuatan Rekayasa Lalulintas

Walikota Serang Terjun Langsung Untuk Pembuatan Rekayasa Lalulintas

Walikota Serang berkesempatan hadir untuk membuka acara Kunjungan Lapangan dan Evaluasi Direktur Jendral Perkertaapian Direktorat Keselamatan tentang SSA(Sistem Satu Arah) yang diadakan oleh Dinas Perhubungan Kota Serang di Aula Ruang Rapat Sekda Kota Serang. (9/10)
Kegiatan ini dihadiri oleh Walikota Serang H.Syafrudin,Sos,M.Si Direktur Jendral Perkertaapian Direktorat Keselamatan Kasubid Rekayasa dan Peningkatan Keselamatan Prayudi, Kepala Dinas Perhubungan Mamat Luthfi, Kepala Dinas PUPR, Unsur Pimpinan OPD di wilayah kota Serang, dan Perwakilan Pengelola Perumahan Grand Serang Recident.

Kegiatan tersebut membahas tentang manfaat dan kerugian dari sistem satu arah yang akan diberlakukan dan juga berdiskusi terkait solusi untuk rekayasa lalulintas atau frontage yang ada di kota serang yang melintasi rel kereta api di Kota Serang. Setelah rapat kordinasi SSA, Walikota berserta Direktur Jendral Perkertaapian Direktorat Keselamatan Kasubid Rekayasa dan Peningkatan Keselamatan Prayudi, Kepala Dinas Perhubungan Mamat Luthfi, Pengurus Dinas Perhubungan, dan Kapolsek menuju Daerah Trondol untuk meninjau langsung terkait Rencana pembuatan Rekayasa Lalu Lintas yang Melintasi Rel Kereta Api.
“jika mengacu pada undang-undang No. 23 bahwa tidak boleh ada perijinan tentang perlintasan permanen kecuali untuk sementara. Perijinan tersebut berlaku selama 2(dua) tahun. setelah masa berlaku habis, Pemerintah Daerah wajib membuat Fly over atau Underpass agar tidak lagi terjadi perlintasan sebidang." Ujar Kasubid Rekayasa dan Peningkatan Keselamatan Prayudi
Alasan mengapa Trondol yang menjadi sasaran untuk rencana penanganan perbaikan jalan oleh Dinas Perhubungan, karena didaerah tersebut terkenal dengan Jalan yang sempit dan melebihnya kapasitas volume kendaraan yang ada sehingga menyebabkan kemacetan juga wilayah yang sering banjir. Untuk bisa mengurai kemacetan di arah kaligandu maka masyarakat akan dilihkan ke jalan yang saat ini dibangun oleh Pemerintah Kota Serang.


Walikota Serang Syafrudin menuturkan bahwa Pemerintah Kota Serang sudah membuat Perlintasan Sebidang (Frontage) dari Kaligandu sampai Unyur dari tahun 2018 dan menyatakan siap dalam kurun waktu 2(Dua) tahun untuk membuat Fly over, walaupun memakan banyak biaya juga akan menyusun rancangan untuk tahun 2021 dan fly over sudah dibuat. Untuk rekayasa lalulintas di Trondol Terdapat 2(dua) perlintasan sementara, tetapi perlintasan yang liar akan ditutup dan ditata sehingga yang akan digunakan adalah perlintasan yang akan dibuka oleh Dinas Terkim dan Dinas Perhubungan. “Saya kira secepatnya akan dibuka, kalau bisa minggu ini sudah bisa kita gunakan karena masih ada persyaratan yang perlu kita penuhi dengan pernyataan dari pemerintah Kota Serang bahwa siap membuat Frontage dan jalan-jalan yang menghubungkan antar perumahan dengan perumahan juga harus kita tanda tangani, setelah ditanda tangani mungkin kita akan Launching.” Ujar Walikota Serang Syafrudin
Syafrudin berharap terkait adanya jalan keluar dari kegiatan tersebut, karena Pemerintah Kota berani bertindak untuk membuat jalan agar bisa bermanfaat untuk masyarakat kedepannya. (Na)