UPACARA HARI LAHIR PANCASILA. KITA INDONESIA, KITA PANCASILA

UPACARA HARI LAHIR PANCASILA. KITA INDONESIA, KITA PANCASILA

UPACARA HARI LAHIR PANCASILA. KITA INDONESIA, KITA PANCASILA

Sebagaimana Keputusan Presiden RI No 24 Tahun 2016 Tentang Hari Lahir Pancasila, dan Pemerintah bersama seluruh komponen bangsa memperingati hari lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni.   Tanggal ini merupakan hari libur nasional sesuai dengan Keputusan Presiden RI dan untuk tahun ini bertepatan dengan bulan suci Ramadhan tapi tidak mengurangi semangat para Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemkot Serang mengikuti upacara peringatan hari lahir Pancasila (1/6) di Halaman Puspemkot Serang.

Adapun tema peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini adalah Kita Indonesia, Kita Pancasila

 

Walikota Serang H.Syafrudin,S.Sos,M.Si mengapresiasi kepada ASN yang mengikuti upacara ini dengan khidmat meskipun sedang keadaan berpuasa. Syafrudin mengaku bangga kepada seluruh ASN di lingkungan Kota Serang karena hampir 100 persen hadir. “Apel peringatan hari lahir Pancasila hari ini bisa di pastikan hadir 100 persen, tidak seperti upacara di hari Senin, tidak seramai ini, meski dalam suasana cuti menjelang Hari raya Idul Fitri” ucapnya.

Dalam sambutannya, Syafrudin mengatakan, mengetahui Sejarah tentang Pancasila telah menjadikan bangsa ini dikenal akan ideologinya yang fluralisme yang menyatukan seluruh elemen masyarakat terlebih dahulu dimana masa bangsa ini berjuang merebut kemerdekaan dari tangan penjajah dan hingga masa setelah kemerdekaan.

“Fungsi pancasila sebagai Ideologi bangsa terlihat dari kepribadian bangsa yang santun menghargai perbedaan serta tidak memaksakan kepentingan lain diatas kepentingan bangsa karena pancasila memiliki makna mendalam sebagai cita-cita kemerdekaan bangsa” Ujar Syafrudin.