Satpol PP Harus Humanis dan Tidak Arogan

Satpol PP Harus Humanis dan Tidak Arogan

Satpol PP Harus Humanis dan Tidak Arogan

Walikota Serang H.Syafrudin menyampaikan amanat Menteri Dalam Negeri pada peringatan HUT Satpol PP ke 70, Satlinmas ke 58 dan Damkar ke 101 tingkat Kota Serang di Halaman Puspemkot Serang sekaligus upacara Hari Kesadaran (17/3) 

Disampaikan bahwa dalam pelaksanaan penegakan peraturan gunakan kewenangan-kewenangan tersebut secara proporsional, jangan berlebihan, arogan, dan apalagi bersikap yang tidak humanis, menggunakan kekerasan yang tidak proporsional yang membuat masyarakat menjadi antipati kepada Satpol PP maupun Satlinmas. Kedepankan upaya-upaya persuasif dan upaya-upaya penegakan hukum, penindakan hanya digunakan sebagai upaya terakhir ketika cara persuasif tidak efektif. Dan amanat Menteri Dalam Negeri dalam rangka UT Damkar yaitu bahwa Mendagri mengajak Pemerintah pusat maupun Pemerintah Daerah menjadikan pemadam kebakaran dan penyelamatan sebagai perangkat daerah profesional. Modern dan terlatih sebagai Pemerintah Daerah yang menjadi barisan terdepan dalam memberikan perlindungan terhadap masyarakat dalam kondisi darurat.

Dengan peringatan HUT Satpol PP. Satlinmas, dan Damkar ini diharapkan oleh Walikota Serang untuk menjalankan semua tanggung jawab dengan ikhlas, profesional, layani warga sebaik-baiknya berikan rasa aman dan jadikan masyarakat yang ada di Kota Serang menjadi masyarakat yang berinteraksi sehat dengan Satpol PP, “hubungan baik terbangun karena keduanya bisa berinteraksi, Satpol PP bisa menjelaskan tanggung jawabnya dan masyarakat menyadari bahwa ketertiban adalah kepentingan kita bersama” Ucap Syafrudin. Dengan demikian Satpol PP dan Satlinmas harus senantiasa proaktif melakukan pengamatan di wilayah, dalam rangka deteksi dini dan cegah dini terhadap potensi gangguan ketertiban umum.

Dirangkaikan juga dengan penyerahan Satyalancana Karya Satya masa bhakti kerja XXX tahun kepada 18 ASN, XX Tahun kepada 17 ASN dan X tahun kepada 52 ASN. Para peserta upacara dihibur dengan defile pasukan Satpol PP, Satlinmas dan Damkar serta penampilan Silat oleh anggota Satpol PP Kota Serang, serta menyaksikan penandatanganan Berita Acara Serah Terima Barang berupa Modem 4G LTE Router Huawei B310s-927 Infinet sebanyak 3b unit dari Diskominfo Kota Serang kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Serang dan yang terakhir, Walikota Serang H.Syafrudin, Wakil Walikota Serang H.Subadri Ushuludin, Ketua DPRD Kota Serang H,Budi Rustandi, Sekretaris Daerah H,Tb.Urip beserta jajaran kepala OPD menyaksikan penghancuran ratusan botol minuman keras (miras).(fr)