Pokdarwis Ki Amuk Kota Serang Raih Peringkat III Nasional

Pokdarwis Ki Amuk Kota Serang Raih Peringkat III Nasional

Pokdarwis Ki Amuk Kota Serang Raih Peringkat III Nasional

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Ki Amuk, Kelurahan Banten, Kecamatan Kasemen, Kota Serang berhasil meraih peringkat ke-3 dari 1715 Pokdarwis selutuh Indonesia, pada Kegiatan Apresiasi Pokdarwis Tingkat Nasional Tahun 2019. Penghargaan diberikan oleh Menteri Pariwisata RI Arief Yahya pada Malam Penganugerahan Indonesia Sustainable Turism Award, Green Hotel, dan Penghargaan Apresiasi Kelompok Sadar Wisata Tingkat Nasional di Hotel Ritz Carlon Pacific Place, Jakarta, Tanggal 26 September 2019.

Kegiatan Pembentukan Pokdarwis oleh Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kota Serang dimulai sejak tahun 2016. Hingga sekarang telah terbentuk 10 Pokdarwis yang tersebar di 6 Kecamatan di Kota Serang. Seluruh Pokdarwis telah mendapatkan workshop, pelatihan, dan pembinaan baik dalam hal menejemen maupun tentang Pariwisata Berbasis Masyarakat (community based tourism/CBT). 8 (delapan) Pokdarwis juga telah mendapatkan kesempatan untuk study banding, di antaranya ke Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah, Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta, dan Kota Solo jawa Tengah.

Pokdarwis Ki Amuk dibentuk pada tahun 2016. Setelah mendapatkan pembinaan, workshop dan pelatihan, pada tahun 2018 melakukan program Rintisan Kampung Wisata di Pancer, Kelurahan Banten Kecamatan Kasemen. Pada bulan Maret 2019 diikutkan dalam Lomba Pokdarwis Tingkat Provinsi Banten dan meraih peringkat ke-1.

Dinas Pariwisata Provinsi Banten kemudian mendaftarkan Pokdarwis Ki Amuk Kota Serang dan Pokdarwis Tanjung Layar Sawarna kabupaten Lebak ke tingkat Nasional. Alhamdulillah Pokdarwis Ki Amuk berhasil meraih Peringkat ke-3. Peringkat ke-1 adalah Pokdarwis Dukuh Penaban Kabupaten Karangasem Bali, sedangkan Peringkat ke-2 adalah Pokdarwis Tlatar Seneng Kabupaten Sleman Yogyakarta.