Peresmian Gedung Kantor Bank Indonesia Provinsi Banten

Peresmian Gedung Kantor Bank Indonesia Provinsi Banten

Peresmian Gedung Kantor Bank Indonesia Provinsi Banten

  

Menurut Budiharto Setyawan selaku Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten, pertumbuhan ekonomi Provinsi Banten pada triwulan ll tahun 2017, peringkat kedua tertinggi di Pulau Jawa yang tercatat sebesar 5,52% (yoy) dengan inflasi yang terkendali di level 0,07% (mtm). Bahkan Provinsi Banten juga menyimpan potensi pertumbuhan ekonomi yang cukup besar, antara lain memiliki kekayaan alam sebagai daya tarik pariwisata yang masih terus dapat digali serta lokasi strategis yang berbatasan dengan ibu kota Republik Indonesia. "Hal tersebut yang membuat Bank Indonesia hadir di Provinsi Banten pada tanggal 28 Agustus 2008 dan menempati gedung sewa di Jl. Yusuf Martadilaga," katanya. Saat itu, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten hanya menjalankan fungsi yang terbatas yaitu: fungsi advisory ekonomi keuangan dan pengembangan ekonomi daerah sebagai mitra strategis Pemerintah Daerah dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi dengan tingkat inflasi pada level yang rendah dan stabil serta mendorong pengembangan sektor riil dan UMKM.

Pada tanggal 9 Juni 2017, telah dilakukan soft launching Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten. Saat ini Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten memiliki 9 fungsi yaitu Fungsi Asesmen Ekonomi & Surveilans, Fungsi Data & Statistik Ekonomi Keuangan, Fungsi Koordinasi & Komunikasi Kebijakan, Fungsi Pelaksanaan Pengembangan UMKM, Fungsi Perizinan & Pengawasan SP PUR,  Fungsi Analisis SP & PUR, Fungsi Pengelolaan Uang Rupiah (PUR), Fungsi operasional Sistem Pembayaran (SP), dan Fungsi layanan pendukung internal.

  

Budiharto mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Bank Indonesia telah menyetujui dan merealisasikan pembangunan Gedung Kantor Provinsi Banten. Budiharto mengatakan, dengan peresmian ini semoga menjadi tonggak sejarah bagi peranan BI di Provinsi Banten untuk memberikan kontribusi yang lebih baik dalam rangka mewujudkan Provinsi Banten yang maju, mandiri, berdaya saing, sejahtera, dan berakhlakul qarimah.

Gubernur Banten Wahidin Halim memberikan selamat atas peresmian Gedung Kantor BI Provinsi Banten. “Dilihat dari gedung bangunan yang megah, semoga ke depan dapat membantu Banten menjadi jauh lebih maju, dan tidak kalah dengan daerah lain”.Ungkapnya