Peningkatan Pemanfaatan Sampah Menuju Zero Waste

Peningkatan Pemanfaatan Sampah Menuju Zero Waste

Peningkatan Pemanfaatan Sampah Menuju Zero Waste

Pemerintahan Kota Serang melalui Dinas Lingkungan Hidup meresmikan program peningkatan pemanfaatan sampah menuju zero waste Kota Serang di Tempat Pembungan Sampah Akhir (TPSA) Cilowong, Kecamatan Taktakan, Rabu (23/10).

Zero Waste adalah suatu tindakan atau kebiasaan seseorang bersikap ramah lingkungan dengan cara selalu menghindari segala sesuatu yang menimbulkan sampah atau limbah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Ipoyanto mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk pengaplikasian program dari Dinas Lingkungan Hidup yang merencanakan sebuah program bank sampah di Kota Serang yang bertujuan untuk mengurangi sampah – sampah liar yang berserakan dengan tujuan untuk memanfaatkan sampah secara maksimal dengan jumlah sampah yang ada dengan pengelolaan sampah menjadi memiliki nilai jual untuk membangkitkan nilai ekonomi di Kota Serang. Dan menambahkan bahwa program ini bukan menghilangkan sampah yang sebenarnya, akan tetapi bagaimana memanfaatkan secara maksimal dari jumlah sampah yang ada.

Walikota Serang menyampaikan bahwa kegiatan ini jangan hanya ceromonial belaka tapi bisa dimanfaatkan untuk kepentingan warga dan merupakan langkah awal kemudian nanti akan diketahui perkembanganya sepoerti apa dan akan ditindaklanjuti dengan regulasi, Peraturan Walikota Serang Kebijakan Walikota dan akan ditunjang pembiayannya.

Syafrudin juga mengingatkan bahwa persoalan sampah bukan tanggung jawab DLH saja, akan tetapi seluruh OPD dan masyarakat harus benar-benar sadar dengan lingkungan terutama dalam menangani sampah.(FR)