Logo loader Letter loader

Diskominfo Latih Calon Operator Aplikasi RABEG

   

Pelayanan Publik tersebut ialah Reaksi Atas Berita Warga (RABEG) yang telah dikemas dalam bentuk Aplikasi yang saat ini bisa diakses melalui Website dan kedepan Aplikasi ini bisa diakses melalui telepon pintar (Smartphone) berbasis Android.

Hari ini (10/10) bertempat di Aula Sekretariat Daerah Kota Serang, Diskominfo Kota Serang sebagai leading sector yang membidangi layanan publik bidang TIK mengadakan sosialisasi dan bimbingan teknis terkait aplikasi RABEG terhadap seluruh operator yang ditunjuk masing-masing OPD di lingkungan Pemerintah Kota Serang. Sosialisasi yang dibuka oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Serang H. Hamsin,M.Si ini menghadirkan narasumber yang sekaligus mendevelope aplikasi RABEG, Zainul Furqon,S.Kom.

Dalam bimtek ini, seluruh peserta yang nantinya sebagai operator dimasing-masing OPD dilatih bagaimana cara mengelola dan mengoperasikan aplikasi ini apabila ada laporan atau aduan warga terkait permasalahan yang ada dilingkungannya seperti memasukan data, menklasifikasikan data, dan meneruskan laporan tersebut kepada atasannya dimasing-masing OPD. Dijelaskan pula oleh Furqon, operator nantinya juga membuat report secara berkala terhadap aduan yang masuk di OPDnya, “Report ini dapat digunakan sebagai bahan laporan pada pimpinan juga sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan kinerja pelayanan terhadap masyarakat”Ungkap Furqon.

       

Proses aplikasi RABEG juga akan menampilkan notifikasi berupa tanda warna merah yang artinya laporan tersebut masih menunggu ditindaklanjuti, notifikasi tanda warna kuning artinya laporan tersebut dalam proses tindaklanjut/dikerjakan, dan notifikasi warna hijau artinya laporan tersebut telah ditindaklanjuti atau dikerjakan oleh OPD terkait. Laporan yang telah ditindaklanjuti akan diberitahu secara otomatis sesuai dari media apa dia melaporkan, apakah melalui aplikasi RABEG, medsos, SMS Online, maupun melalui email. Dengan demikian, warga mengetahui bahwa laporannya sudah ditindaklanjuti.

Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika W. Hari Pamungkas,S.STP,M.Si mengatakan nantinya akan ada beberapa OPD yang menugaskan pegawainya menjadi Operator pada Command Center berdasarkan kebutuhan dan skala prioritas permasalahan yang sering terjadi di Kota Serang yang bertugas untuk menindaklanjuti segala bentuk laporan secara cepat dan tepat .

“Kami harapkan dengan adanya layanan RABEG ONLINE dan petugas yang sudah dilatih, maka segala bentuk aduan masyarakat bisa ditangani dengan cepat dan efesien“ Ungkap Hari.

     

Kota Serang terdiri dari 6 kecamatan dan 67 kelurahan.