BPBD GELAR SIMULASI BENCANA

BPBD GELAR SIMULASI BENCANA

BPBD GELAR SIMULASI BENCANA

Tim Kesiapsiagaan Tanggap Darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Serang melakukan apel siaga dan simulasi bencana gempa bumi serta kebakaran di halaman Pusat Pemerintahan Kota Serang (21/11).

Simulasi ini diskenariokan dengan bunyi sirine terjadinya gempa bumi melanda Kota Serang 6,56 lalu setelah itu ada kebakaran di lantai 3 gedung Puspemkot Serang, simulasi diikuti 160 peserta yang terdiri dari Tim Reaksi Cepat BPBD, TNI, Basarnas. Satpol PP, Dishub. Damkar, PMI, Pramuka, Tagana. Tim Kesehatan Dinkes. Mahasiswa pecinta alam. Sebagian peserta  berhamburan keluar melalui tangga darurat. Mereka keluar sambil berlarian. Dalam simulasi ini pemadam kebakaran sigap datang ke tempat kejadian. Terdapat korban luka yang diselamatkan oleh pemadam kebakaran. Ada juga yang diselamatkan dengan diterjunkan dari lantai 3 dengan menggunakan tali penyelamatan yang kemudian segera dirawat oleh tim medis dari Dinas Kesehatan dan PMI Kota Serang.

Simulasi ini dilaksanakan untuk dapat mengkoordinasikan satuan pelaksana penyelamatan manusia hingga perwatan. Selanjutnya Walikota Serang H.Syafrudin,M.Si mengatakan dengan dilakukannya simulasi bencana ini dapat mengukur kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana dan semoga semakin banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya penanggulangan bencana,

Walikota Serang. Wakil Walikota Serang, Sekretaris Daerah Kota Serang, Dandim 0602 Serang, Kepala pelaksana BPBD Kota Serang, Kepala OPD se-Kota Serang, dan Dansat Brimob Polda Banten menyaksikan simulasi penganggulangan bencana yang berlangsung selama 30 menit ini.(FR)

 

 bpbd2