Dinkes Gelar Lomba Balita Indonesia Tahun 2017

Dinkes Gelar Lomba Balita Indonesia Tahun 2017

Dinkes Gelar Lomba Balita Indonesia Tahun 2017

     Untuk meningkatakan kualitas balita dan anak, Dinas Kesehatan Kota Serang mengadakan acara yang sudah tiap tahun dilaksanakan yaitu Lomba Balita Indonesia Tingkat Kota Serang tahun 2017 yang bertemakan “Anak Indonesia Sehat, Cerdas, Ceria, dan Berbudi”. Adapun kategorinya adalah, kategori 6-24 bulan, kategori 2-6 tahun masing-masing perwakilan 2 orang tiap puskesmas kecamatan. Untuk memeriahkan acara, diadakan pula lomba kreasi tari yang diwakili 4 orang tiap puskesmas Kecamatan. Adapun hadiah yang akan dibawa para pemenang adalah Juara I TV LED 39 Inch, Juara II Lemari Es 2 Pintu, Juara III TV LED 32 Inch. Harapan I Blender, Harapan II Kompor Gas, Harapan III Kipas angin.


     Kepala Dinas Kesehatan Kota Serang H.Toyalis,S.Kep.M.Kes mengatakan semoga kegiatan ini dapat memberikan motivasi kepada orang tua agar dapat memantau pertumbuhan, perkembangan balitanya, dan selalu waspada terhadap setiap penyimpangan pertumbuhan anak agar dapat diantisipasi dengan baik.

     Dihadiri pula oleh Vera Nurlaila Jaman selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kota Serang berharap kegiatan ini menjadikan salah satu sarana kerjasama dalam mempersiapkan generasi Kota Serang yang sehat, baik fisik, mental, dan sosial. Sehingga anak menjadi cerdas, mandiri sejak dini sesuai dengan umur dan kemampuan.

     Acara yang dibuka oleh Walikota Serang Tb.Haerul Jaman ini merupakan salah satu rangkaian hari anak nasional tahun 2017. Jaman menyambut baik kegiatan ini dan menghimbau kepada semua pihak melalui lomba ini untuk bersama-sama dalam mengawasi pemenuhan hak anak di Kota Serang sebagai bagian inisiatif kota ramah anak, dan lebih memperhatikan anak, baik dalam pendidikan kesehatan maupun kesejahteraannya. Dalam kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan status gizi balita, dan momentum untuk gerakan ramah anak, “sudah selayaknya kita bersama menciptakan kota ramah anak di Kota Serang”. Ungkap Jaman.


     Selain Walikota, Ketua Tim PKK, Kepala Dinas Kesehatan, hadir pula perwakilan kepala DP3AKB, perwakilan Ketua DWP Kota Serang, IGTKI Kota Serang, Camat se-Kota Serang, para kepala puskesmas se-Kota Serang Ketua Forum Kader Posyandu, para orang tua bayi dan balita peserta lomba, juga para juri  antara lain Juri Lomba tari kreasi dari tim PKK, Dinas Kesehatan, dan IGTKI, juri pengetahuan ibu dari tim PKK, Dharma Wanita, juri pemeriksaan fisik, pemeriksaan gigi dan mulut, dan pemeriksaan psikologi dari tim RSUD.Drajat Prawinegara.

     Pemenang juara I dari lomba balita ini akan menjadi kandidat lomba balita tingkat Provinsi Banten.