Bertindak Sebagai Khatib Jumat, Syafrudin Mengingatkan Untuk Berbuat Ikhlas

Bertindak Sebagai Khatib Jumat, Syafrudin Mengingatkan Untuk Berbuat Ikhlas

Bertindak Sebagai Khatib Jumat, Syafrudin Mengingatkan Untuk Berbuat Ikhlas

Walikota Serang H. Syafrudin diundang menjadi khotib Solat Jum'at di Masjid At-Taubah Komplek PU Perairan Penancangan, Kota Serang, Jumat (26/8). Dalam kesempatan khotbah kali ini, Syafrudin memberikan gambaran tentang persoalan ikhlas dalam tinjauan syar'i.

Ikhlas merupakan perkara besar dalam agama Islam, salah satu pilar utama diterimanya satu amal. Syafrudin mengingatkan kepada para jamaah untuk selalu berbuat ikhlas untuk Allah SWT. 

"Kalau kita perhatikan dalam Al-quran banyak terdapat ayat dan hadits yang memerintahkan kepada kaum muslimin untuk berbuat ikhlas untuk Allah SWT dalam melakukan ketaatan dan menjauhi kemaksiatan" Ucapnya. 

Tujuan Allah SWT menciptakan kematian dan kehidupan adalah untuk menguji manusia, siapakah diantara mereka yang paling baik amalnya. Selanjutnya Syafrudin mengatakan bahwa amal yang paling baik adalah amalan yang paling ikhlas dan paling benar. 

"Amal itu bila ikhlas namun tidak benar maka tidak akan diterima dan apabila amal itu benar namun tidak ikhlas juga tidak akan diterima" Ucapnya. 

"Sampai amal itu menjadi ikhlas dan benar, ikhlas itu hanya karena Allah SWT dan benar adalah berdasar atas sunnah Rasulullah" Sambungnya. 

Adapun tanda-tanda orang ikhlas yang disampaikan oleh Syafrudin dalam khutbahnya berdasarkan apa yang telah disampaikan oleh para ulama. 

"Ikhlas itu memiliki tanda-tanda yang nampak pada orang-orang yang ikhlas yang telah disebutkan oleh para ulama diantaranya tidak suka popularitas; tidak suka pujian dan sanjungan; bersemangat beramal untuk agama ini; bersegera dalam beramal dan mengharapkan akhirat; sabar, tekad dan tidak suka mengeluh; berusaha keras untuk menyembunyikan amalan; lakukan amal sebaik mungkin; memperbanyak amal secara tersembunyi; amal yang tersembunyi lebih besar daripada amal yang terlihat" Ucapnya. 

Ikhlas memiliki faedah yang banyak dan buah yang melimpah ketika keikhlasan terwujud dalam hati seorang mu'min yang saleh. Disampaikan juga oleh Syafrudin buah ikhlas apa saja yang akan diterima oleh kaum muslimin. 

"Diantaranya buah-buah ikhlas adalah diterimanya amal, dosa-dosa akan diampuni, mendapatkan pahala, melindungi diri dari setan, selamat dari fitnah, diberi jalan keluar dari masalah yang berat" Ucapnya.