Rakor Regsosek Tahun 2022, Syafrudin Berharap Semua Pihak Ikut Mendukung

Rakor Regsosek Tahun 2022, Syafrudin Berharap Semua Pihak Ikut Mendukung

Rakor Regsosek Tahun 2022, Syafrudin Berharap Semua Pihak Ikut Mendukung

Walikota Serang H. Syafrudin menghadiri sekaligus membuka rapat koordinasi dan sosialisasi rencana pelaksanaan kegiatan pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) tahun 2022 tingkat Kota Serang yang diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Serang bertempat di Hotel Horison Ultima Ratu, (21/9). Rakor ini mengangkat tema "Mencatat untuk Membangun Negeri, Satu Data Program Perlindungan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat" dibuka langsung oleh Walikota Serang H. Syafrudin. Dihadiri juga oleh Kepala BPS Kota Serang H. Faizin, Kepala Bappeda Kota Serang M. Ridwan, Kepala Diskominfo Kota Serang Arif Rahman Hakim, Forkopimda Kota Serang, Camat dan Lurah se-Kota Serang, serta jajaran OPD lainnya. 

Dalam sambutannya, Walikota Serang H. Syafrudin menyambut baik dan mengapresiasi adanya program pendataan Regsosek. Syafrudin menuturkan program yang dicetuskan oleh DPR RI ini harus dijalankan dengan sebaik-baiknya. 

"Tentunya ini merupakan program pemerintah pusat sampai ke daerah yang dicetuskan dalam rapat paripurna DPR RI tanggal 16 Agustus tahun 2022 yang harus kita jalankan dengan sebaik-baiknya" Ujarnya. 

Pendataan regsosek ini adalah pendataan seluruh penduduk yang mencakup profil dan kondisi sosial ekonomi yang sangat beragam mulai dari kondisi demografi, perumahan, keadaan disabilitas, kepemilikan aset hingga informasi geospasial. Menurut Syafrudin, program pendataan Regsosek sudah tepat guna memperoleh data yang akurat. 

"Dengan pendataan yang dilaksanakan sekarang nampaknya sangat tepat sekali disamping untuk bisa memperoleh data yang akurat, baik kaitannya dengan kependudukan, keberadaan masyarakat terutama yang ada di Kota Serang untuk menuju 2024 itu sudah tepat" Ucapnya. 

"Setelah adanya pendataan ini, kita sudah punya acuan bahwa nanti kalau ada perbedaan-perbedaan akan kita sinkronkan" Sambungnya. 

Informasi yang komprehensif dari pendataan awal Regsosek memungkinkan Regsosek menyajikan peringkat kesejahteraan setiap penduduk dan meningkatkan ketepatan sasaran program-program pemerintah. Syafrudin menyampaikan bahwa pendataan ini dapat digunakan sebagai acuan semua pihak terutama Pemerintah Kota Serang. 

"Kemudian ini untuk acuan semua pihak terutama Pemerintah Kota Serang dalam rangka menghadapi 2024 data nya sudah siap kemudian dalam rangka memberikan bantuan baik pemerintah pusat maupun daerah ini sudah siap" Ucapnya. 

Kolaborasi antar pihak menjadi salah satu faktor penting dalam rangka pendataan awal Regsosek. Maka dari itu, Syafrudin berharap kepada semua camat, lurah dan para OPD untuk bisa mendukung program ini. 

Sementara itu, Ketua BPS Kota Serang H. Faizin mengatakan bahwa Regsosek akan menyediakan basis data terpadu untuk program perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat yang akan digunakan ke semua kementerian dan daerah untuk tahun 2023 mendatang.

"Tujuannya dalam rangka untuk satu data Indonesia, jadi nanti berbagai macam program dari Kementerian, OPD dan daerah itu nanti ngambil datanya dari sini dan ini akan bisa dipakai semester 2 tahun 2023" Ucapnya. 

Untuk menghimpun data yang diperlukan dalam pendataan awal Regsosek ini, disampaikan oleh H. Faizin bahwa BPS Kota Serang akan mengerahkan petugas lapangan sebanyak 1.013 petugas yang akan bertugas mulai tanggal 15 Oktober - 14 November 2022 dengan sistem door to door. H. Faizin optimis dengan semua petugas yang dikerahkan dan dengan target yang jelas maka dengan waktu sebulan data sudah terkumpul. 

"Tahun ini hanya mendata secara door to door, semua petugas kita kerahkan sebanyak 1.013 petugas di Kota Serang, petugas itu nantinya akan dilatih dan diadakan bimtek, untuk menyamakan persepsi, petugas nya dari kelurahan dan dari wilayah setempat ditarget tiap hari 10 KK harus selesai" Ucapnya. 

"Selama waktu sebulan ini kami optimis, kami mengerahkan 1.013 petugas, InsyaAllah 1 orang sekitar 250 KK, sebulan selesai" Sambungnya.