Mengenal Sosok Pembuat Logo HUT Ke-15 KOTA SERANG

Mengenal Sosok Pembuat Logo HUT Ke-15 KOTA SERANG

Mengenal Sosok Pembuat Logo HUT Ke-15 KOTA SERANG

SERANG - Dibalik pembuat logo HUT ke-15 Kota Serang, Irfan Maulana (17) salah satu siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Informatika Kota Serang Jurusan Multimedia dikenal sebagai sosok pendiam dan kreatif.

Siswa kelahiran Kota Sragen 27 September 2004 saat ini tinggal di Kota Serang tepatnya di Kecamatan Petir, sejak duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) Irfan telah menggeluti bidang Design grafis hingga sekarang.

Diantara teman-temannya, Irfan dikenal sebagai sosok yang pendiam. Irfan ternyata diam-diam membuat logo menggunakan laptop yang biasa dibawa, ia juga dikenal dengan kumis tebal seperti kumis lele, warna kesukaannya adalah biru.

Tidak heran jika design besutan siswa SMK tersebut dilirik oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Serang dan telah digunakan sebagai logo HUT ke-15 Kota Serang, Irfan mengaku hal tersebut tidak pernah dibayangkan sebelumnya.

"Yang pastinya ada rasa bangga tersendiri bisa di percaya untuk membuat logo hut kota serang yang ke-15 ini dan gak pernah terbayangkan sebuah karya yang saya buat terpampang di berbagai tempat dan dipakai oleh banyak orang," ujar Irfan saat dihubungi melalui sambungan telepon seluler, Rabu (10/08/2022).

Irfan menjelaskan logo tersebut berangkat dari kaloborasi imajinasi dan ide kreatif dirinya sendiri, mulai dari angka 1 dan 5 hingga pilihan warna hijau, biru, dan kuning.

"Secara singkat logo ini terdiri dari angka 1 dan 5 dan menjadi kesatuan membentuk orang yang sedang melangkah yang memiliki arti harapan kota serang ke 15 tahun ini bisa melangkah lebih jauh atau baik untuk kemajuan bersama," jelasnya.

Ia juga menuturkan pembuatan logo HUT ke-15 Kota Serang memakan waktu hingga 1 bulan, menurutnya hal paling sulit dalam membuat design tersebut karna belum ada tema sebelum pembuatan logo.

"Waktu itu belum ada tema sebelum pembuatan logo, jadi tema yang mengikuti logo bukan logo yang mengikuti tema," tutur Irfan yang memiliki ciri khas kumis tebal.

Irfan berharap kedepannya Kota Serang dapat memberikan apresiasi kepada anak anak berprestasi dan telah membawa nama baik Pemkot Serang dalam bidang apapun.

"Harapannya kota Serang bisa lebih maju, lebih baik dari tahun sebelumnya dan lebih mengapresiasi anak anak berprestasi yang membawa nama baik kota Serang, karna di Kota Serang ini banyak sekali anak anak yang berprestasi di berbagai bidang," harapanya.

Segudang prestasi Irfan Maulana di tahun 2022
1. Juara 1 Desain Poster Nasional Logistik Kelautan UPI.
2. Juara 1 Desain poster pencegahan stunting pada anak Baden Powell Day-XII DKC Kota Serang 2022.
3. Juara 1 Design Graphic Technology LKS (lomba keterampilan siswa) tingkat kota Serang 2022.
4. Juara 2 Design Graphic Technology LKS (lomba keterampilan siswa) tingkat provinsi Banten 2022.
5. Terbaru Irfan telah mendapatkan piagam penghargaan dari Walikota Serang Syafrudin atas partisipasinya sebagai desainer Logo HUT Ke-15 Kota Serang Tahun 2022.

Aktif Beroganisasi
Selain berbakat di dunia desain, Irfan juga aktif diberbagai organisasi, ia pernah menjadi anggota OSIS di SMPN 1 Petir dan anggota Pramuka sejak SMP hingga saat ini.

Tidak hanya itu, Irfan juga menjadi anggota Satuan Karya komunikasi dan informatika (Saka Kominfo) Kota Serang sebagai ketua Krida Multimedia hingga saat ini dan Irfan pernah dinobatkan sebagai Zetizen Banten Jurnalistik 2021.