Lomba Kampung Resik Lan Aman 2021, RT/RW 3/15 Lingkungan Griya Baladika Raih Juara

Lomba Kampung Resik Lan Aman 2021, RT/RW 3/15 Lingkungan Griya Baladika Raih Juara

Lomba Kampung Resik Lan Aman 2021, RT/RW 3/15 Lingkungan Griya Baladika Raih Juara

Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang Tahun 2021 yang merupakan tahun kedua perlmobaan ini diadakan dan sudah memasuki tahap awarding pengumuman pemenang. Awarding sebagai ajang pembuktian 402 RT dari 67 kelurahan yang mengikuti salah satu program unggulan Pemkot Serang. Acara digelar di Lapangan Puspemkot Serang dengan dihadiri langsung oleh Walikota Serang H.Syafrudin, unsur Forkompinda, jajaran Kepala OPD serta Camat dan Lurah se-Kota Serang, Ketua Tim Penggerak PKK. (21/10)

Acara yang digagas Pemkot Serang bersama Radar Banten, Polres Serang Kota, dan Kodim 0602 Serang itu dimulai pada Februari 2021 yaitu workshop dan sosialisasi sampai dengan penilaian akhir September 2021. Tiap RT menyajikan tampilan terbaik untuk memenuhi kriteria penilaian tim juri berjumlah 40 orang dari unsur TNI/Polri, Tim Radar Banten, Pemkot Serang yakni DP3AKB Kota Serang dan dari LSM.

Disampaikan oleh Kepala DP3AKB Kota Serang Anthon Gunawan penilaian ini dilaksanakn dalam dua tahap, yaitu tahap terbuka yang artinya diberitahu bahwa akan dilakukan penjurian dan secara tertutup atau diam-diam agar bisa melihat apakah lingkungan tersebut konsisten atau tidak.

Lanjut Anthon ada beberapa penghargaan yang diberikan kepada pemenang lomba. Yakni, juara umum, kategori partisipasi masyarakat terbaik, pemuda penggerak lingkungan, pemuda sadar hukum, kampung terinovatif dan aman, kampung berbunga dan aman, kampung hijau dan aman.

Dampak dan manfaat yang didapat karena dilaksanakannya lomba ini diantaranya peserta lomba bergotong royong untuk merubah kondisi kampung/lingkungan menjadi lebih bersih, asri dan aman. Lomba ini juga bukan sekedar membuat kampung dicat warna-warni tapi ada yhal yang ditumbuhkan dan ditingkatkan kembali yaitu jiwa gotong royong dan juga memunculkan ide-ide kraetif dan inovatif dari masyarakat seperti pemanfaatan lahan yang tadinya penumpukan sampah menjadi taman bermain atau taman bacaan.

Direktur Radan Banten Mashudi mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Serang khususnya masyarakat Kota Serang yang telah berpartisipasi mengikuti Lomba Resik Lan Aman ini, Mashudi juga mengatakan bahwa lomba ini akan diadakan setiap tahunnya dengan harapan semua RT di Kota Serang ikut berpartisipasi.

Walikota Serang H.Syafrudin menyampaikan program ini digagas karena untuk menumbuhkan budaya gotong royong yang sudah hampir pudar, dan menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan, ketentraman dan keamanan lingkungannya, dan semakin mendorong terwujudnya Kota Serang yang berdaya dan berbudaya. Lomba pada tahun ini menjadi evaluasi untuk pelaksanaan lomba untuk tahun berikutnya, Syafrudin juga mengharapkan semua Lurah ikut mendukung dan berpartisipasi dalam pelaksanaan lomba ini.

“Kalau yang saya pantau tahun 2021 ini lebih baik dari tahun 2020. Karena tahun 2020 sebagai percobaan awal jadi masih perdana. Oleh karena itu pada tahun ini sudah lebih baik dari tahun 2020. Kemudian lomba kapung resik memicu untuk bisa menyadarkan masyarakat tentang kebersihan lingkungan, kesehatan kemudian lingkungan aman masyarakat bergotong royong kemudian juga hal-hal lain kegiatan masyarakat yang positif dipicu dari kampung resik ini jadi saya berharap bisa berkelanjutan sehingga 5 tahun kedepan Kota serang sudah mendjadi kota sehat, hijau, asri, aman dan nyaman.” Kata Walikota

Adapun untuk juara umum diraih oleh pertama RT/RW 3/15 Lingkungan Griya Baladika Kel. Drangong Kec. Taktakan.