Lantik Pengurus Perumdam, Walikota Ingin Pelayanan Air Bersih Lebih Baik

Lantik Pengurus Perumdam, Walikota Ingin Pelayanan Air Bersih Lebih Baik

Lantik Pengurus Perumdam, Walikota Ingin Pelayanan Air Bersih Lebih Baik

Walikota Serang H. Syafrudin menyaksikan pelantikan dan pengambilan sumpah pengurus Perumdam Madani Tirta Kota Serang, yang bertempat di Kantor Perumdam Madani Tirta Kota Serang, Kamis (18/8). Pelantikan ini juga turut dihadiri oleh Sekda Kota Serang H. Nanang Saefudin, ASDA II Kota Serang Yudi Suryadi, Kepala Bappeda Kota Serang M Ridwan, serta Kepala BKPSDM Kota Serang Ritadi B Muhsinun.

Sesuai dengan Perda No. 8 Tahun 2021, dengan nama sebelumnya yaitu PDAB berubah menjadi Perumdam Madani Tirta dan sudah mempunyai badan hukum, maka dari itu Pengurus Perumdam dilantik sesuai dengan struktur organisasi yang sudah ditentukan dalam Perda No. 8 Tahun 2021.

Dalam kesempatan tersebut, Syafrudin menyampaikan bahwa adanya Perumdam Madani Tirta Kota Serang yaitu untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat kaitannya dengan air bersih. 

"Kemudian dengan adanya Perumdam ini sesuai dengan apa yang saya sampaikan tentunya yang pertama untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, jangan sampai banyak keluhan" Ucapnya. 

Selanjutnya Syafrudin mengatakan bahwa masyarakat sekarang banyak membutuhkan air bersih. Disamping itu, disampaikan juga bahwa fokus Pemerintah Kota Serang untuk saat ini mengaliri air bersih untuk Kecamatan Kasemen kemudian kecamatan-kecamatan lainnya. 

"Dalam masa transisi ini manfaatkan dengan baik, karena Perumdam di Kota Serang itu sangat diperlukan oleh masyarakat, kebutuhan air minum sangat diperlukan oleh masyarakat terutama masyarakat Kasemen yang secara kebetulan air di Kasemen termasuk air payau" Ucapnya. 

"Jadi difokuskan untuk di Kecamatan Kasemen kemudian setelah itu ke kecamatan yang lain yang membutuhkan" Sambungnya. 

Syafrudin menyampaikan bahwasanya mengaliri air bersih merupakan visi misi Walikota dan Wakil Walikota sehingga hal ini menjadi perhatian dari Pemerintah Kota Serang. "Ini juga termasuk visi misi kami pada waktu pencalonan yaitu untuk mengaliri masyarakat yang kekurangan air bersih termasuk juga di daerah sawah luhur, itu yang menjadi visi misi kami" Ucapnya. 

Selain berharap adanya pelayanan yang baik, Syafrudin juga berharap adanya Perumdam ini mampu membantu pemasukan PAD Kota Serang. 

"Yang keduanya setelah pelayanan nya bagus, tentunya PAD juga diharapkan karena Perda itu pasti berbuntut juga disamping pelayanan masyarakat juga pemasukan untuk daerah" Ucapnya.

Sekda Kota Serang Nanang Saefudin di tempat yang sama juga mengatakan bahwa adanya Perumdam ini bukan semata-mata mencari keuntungan tetapi juga mengoptimalkan kebutuhan air bersih kepada masyarakat Kota Serang.

"Perlu diingat memang kalau Perumdam ini, profit oriented nya ada tetapi social oriented nya juga ada, tidak semata-mata mengejar keuntungan semata tapi yang paling penting bagi Pemerintah Kota Serang karena air ini merupakan kebutuhan dasar itu harus dioptimalkan khususnya kami akan menjangkau dulu Kecamatan Kasemen" Ucapnya.

Selain itu juga, Nanang menyampaikan bahwa ada kemungkinan Perumdam akan bekerjasama dengan perusahaan swasta tetapi tetap dikendalikan pemerintah dalam menentukan harga kepada masyarakat. 

"Kalau Pemerintah Daerah cukup APBDnya, kalau tidak mungkin nanti Perumdam akan menggaet perusahaan-perusahaan swasta yang fokusnya mengelola air, tapi tentu harganya tetap dikendalikan oleh pemerintah daerah, jangan sampai memberatkan masyarakat juga" Ucapnya.