
Forum RT RW Berdialog dengan Walikota Tentang Pelayanan Publik

Forum RT RW Kelurahan Serang dan Kelurahan Cipare melakukan audiensi dengan Walikota Serang H. Syafrudin, S.Sos, M.Si dan disambut langsung oleh Syafrudin di Ruang Rapat Walikota, Rabu (05/09).
Dalam audiensi ini Forum RT RW yang didampingi oleh anggota Komisi IV DPRD Kota Serang, Nurofik melakukan audiensi karena adanya kendala dalam pengurusan berkas yang dibutuhkan masyarakat di tempat pelayanan publik seperti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).
"Kami hanya kunjungan biasa, kami sebagai wakil rakyat memfasilitasi forum rt rw. Dimana ada keluhan keluhan bahwa sekarang ini ada program baru yaitu adanya administrasi masyarakat seperti kk, ktp, akte kelahiran" Ujar Nurofik.
Nurofik meminta pelayanan masyarakat bisa lebih cepat dan Ia mencari program kerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar dapat diinformasikan lebih cepat.
"Jadi intinya meminta pelayanan masyarakat ini agar lebih cepat, kita mencari informasi informasi program yang ada di kepala dinas masing masing seperti ada program-program sosial ada program dari Disnaker (Dinas Ketenaga Kerjaan) kami minta diinformasikan untuk menurunkan kebawah" Sambungnya.
Nurofik dengan lembaga Jaringan Nurofik yang membantu para RT RW dalam pengumpulan berkas warga gara bisa ditindaklanjuti oleh OPD sehingga masyarakat bisa merasakan program kerja Pemerintah seperti BPJS, Bantuan Sosial, dan lain lain. Tetapi karena kuota yang dikolektif terlalu banyak membuat tindak lanjut berkas yang diserahkan terganggu.
"Karena kami kuotanya terlalu banyak sehingga kami mempunyai kesulitan untuk komunikasi ke dukcapil disnaker maupun ke dinsos. Oleh karena itu kami meminta kepada pak walikota agar memfasilitasi untuk audiensi, agar keluhan dari masyarakat maupun dari kami diketahui oleh perwakilan Dukcapil, Dinsos maupun Disnaker" Ucapnya.
Syafrudin pun menanggapi keluhan dari Forum RT RW yang datang dan langsung menginstruksikan perwakilan OPD terkait yang hadir juga dalam audiensi ini yaitu Disdukcapil, Dinsos, dan Disnaker.
Syafrudin menginstruksikan untuk yang dalam keadaan genting seperti pengurusan Jaminan Kesehatan agar didahulukan.
"Kalau ada yang mengurus jaminan kesehatan, jangan melihat siapa-siapa, harus cepat dikasih karena mereka sedang butuh" Ujarnya.
Syafrudin juga menyarankan untuk data kolektif harus dilengkapi dahulu berkasnya dan saat menyerahkan berkas sekaligus ada surat dari pengurusan RT/RW yang ditujukan ke Kepala Dinas yang dimaksud agar bisa langsung ditangani.
"Untuk data kolektif, berkas nya harus dilengkapi terlebih dahulu. Untuk kolektif tadi, dibuatkan surat dan ditujukan ke Kadisdukcapil" Pungkasnya.
Keterbatasan blanco dalam pengurusan KTP di Disdukcapil harus diganti sementara dengan biodata yang dibuat langsung oleh Disdukcapil dan bisa digunakan.
"Jika blanco KTP belum ada, akan diganti terlebih dahulu oleh biodata dan bisa digunakan" Sambung Syafrudin.
Pelayanan publik menjadi program yang sangat penting bagi masyarakat. Oleh karena itu Pemerintah Kota Serang akan terus meningkat kualitas pelayanan publik di setiap OPD agar kesejahteraan masyarakat bisa tercapai tanpa kendala.