Diseminasi Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji Kota SerangTahun 2021

Diseminasi Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji Kota SerangTahun 2021

Diseminasi Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji Kota SerangTahun 2021

Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Banten menyelenggarakan kegiatan Diseminasi Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji Tahun 2021 Angkatan XXIX, di Hotel Horison Ultima Ratu, Selasa (19/10).

Hadir sebagai pembicara Yandri Susanto Ketua Komisi VIII DPR RI, dan Walikota Serang Syafrudin dengan dimoderatori oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Banten Nanang Fatchurochman.

Disampaikan Yandri, pentingnya kegiatan diseminasi ini tidak sebatas menyampaikan regulasi, namun juga meluruskan pemahaman masyarakat agar tidak terpengaruh informasi yang sifatnya hoax. “Ini memang suatu keputusan tidak mudah yang diambil Pemerintah dan ini juga cukup menyedihkan karena banyak juga masyarakat dan khususnya calon jemaah haji yang masih merasa gelisah akibat tak berangkat 2 tahun berturut-turut,” kata Yandri

Yandri juga mengatakan bahwasanya Provinsi Banten akan segera mempunyai asrama haji sendiri. Selama ini, jemaah asal Banten menggunakan asrama Pondok Gede dalam setiap penyelenggaraan ibadah haji.

Hadir pada acara desiminasi terkait pembatalan keberangkatan jamaah haji yang diadakan oleh Kemenag Provinsi Banten, Walikota Serang Syafrudin berharap tahun 2022 jamaah haji dari Indonesia, khususnya warga Kota Serang bisa berangkat. Karena, pada tahun 2019 dan 2020 kemarin ada penundaan pemberangkatan haji karena wabah pandemi Covid-19.

"Acara ini sebuah langkah dari Pemerintah Pusat untuk menyampaikan kepada masyarakat. Mudah-mudahan tahun 2022 bisa berangkat," kata Wali Kota Serang kepada awak media.

Akan tetapi, keberangkatan haji ini tergantung Negara Arab Saudi serta persyaratan yang akan menunaikan ibadah haji pun rumit. Karena, keadaan pandemi Covid-19. "Terutama vaksinasi, test antigen, dan lainnya merupakan persyaratan penting," jelasnya.