10 Puskesmas di Kota Serang Berikan Pelayanan Bersalin 24 Jam

10 Puskesmas di Kota Serang Berikan Pelayanan Bersalin 24 Jam

10 Puskesmas di Kota Serang Berikan Pelayanan Bersalin 24 Jam

Sebagai upaya Pemerintah Kota Serang untuk mengurangi angka kematian pada ibu dan bayi baru lahir adalah dengan memastikan kelahiran bayi dibantu oleh tenaga kesehatan terlatih, terakreditasi seperti bidan, dokter atau perawat, yang telah dididik dan dilatih untuk menguasai keterampilan yang dibutuhkan untuk mengelola kehamilan normal.

Berkaitan dengan hal tersebut Walikota Serang H. Syafrudin,S.Sos,M.Si mendeklarasikan Pelayanan Bersalin 24 jam di 10 Puskesmas di Kota Serang (02/10), pelayanan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Kepala Dinas Kesehatan Kota Serang Nomor 027/5601/Dinkes/IX/2019 Tentang Pelayanan Persalinan 24 jam pada Pusat Kesehatan Masyarakat Non Rawat Inap di Lingkungan Pemerintah Kota Serang Tahun 2019. Adapun Puskesmas tersebut diantaranya Puskesmas Ciracas, Copicok Jaya, Pancur, Unyur, Taktakan, Rau Sawah Luhur, Kalodran, Banten Girang dan Puskesmas Banjar Agung.

Kemudian Walikota Serang memberikan Kartu Indonesia Sehat (KIS), sebanyak 43 ribu masyarakat Kota Serang yang menerima Kartu Indonesia Sehat dan hampir 95 persen masyarakat kota serang terlah terjamin kesehatan, baik secara mandiri, pembiayaan dari pemerintah provinsi dan pusat dan Pemerintah kota serta jaminan Kesehatan dari pihak perusahaan. Untuk masyarakat Kota Serang yang memiliki KIS dapat berobat secara gratis dengan menunjukan Surat Keterengan Tidak Mampu (SKTM) dari Kelurahan setempat.

Setelah itu Walikota menyaksikan penandatanganan MoU antara Dinas Kesehatan dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Serang, dengan telah dilakukan penandatangan tersebut kepada masyarakat Kota Serang yang akan melakukan persalinan akan diberikan Akte Gratis oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Serang secara gratis dan biaya persalinan tidak dipungut biaya khusunya masyarakat yang tidak mampu. Lalu Walikota Serang memberikan Penyerahan piagam penghargaan Akreditasi Puskesmas dan penyerahan piala dan piagam juara Lomba Puskesmas berprestasi yang diraih oleh Puskesmas Banten Girang.

Hal ini sejalan dengan visi misi Walikota dan Wakil Walikota Serang selain pembangunan infrastruktur diiringi dengan meningkatnya kesejahteraan masyarakat Kota Serang menuju Kota yang Berdaya dan Berbudaya.