Artikel

Polda Banten Segera Miliki Rumah Sakit Bhayangkara

    Dibaca 1228 kali 2ndSOMAIS

Rumah sakit yang akan dibangun oleh PT.Sangkuriang-Bandung ini memiliki luas tanah 5365 meter persegi yang telah bersertifikat Polda Banten telah melalui proses penimbunan lahan setinggi 70cm dikarenakan lokasi pembangunan tersebut lebih rendah dari permukaan jalan diharapkan jika seandainya nanti terjadinya banjir tidak akan masuk ke area Rumah Sakit. Bangunan tampak lebih lebar karena panjang bangunan 115 meter memanjang kesamping. Design bangunan secara struktural terbagi menjadi dua bagian bangunan, yang dibatasi 7cm antara blok bangunan A dengan blok bangunan B.

Untuk pintu masuk gedung Rumah Sakit akan dibuka dua akses yaitu akses masuk diujung sebelah utara dan akses keluar di sebelah selatan. Kemudian bangunan dikelilingi oleh akses yang melingkar, jadi secara regulasi yang berlaku sangat aman karena posisi Pemadam Kebakaran bisa melingkari posisi bangunan. Dikarenakan bangunan memanjang dan dibagi 2 bangunan  sehingga secara fungsi bangunan menjadi dua fungsi bangunan yang pertama bangunan pelayanan dan yang kedua bangunan zona area service.

Untuk blocking area, zona public ditempatkan dibangunan utama disana ada UGD, rawat jalan, farmasi, radiologi, laboratorium. Kemudian area semi public atau area Dokpol (dokter polisi), area otopsi dan forensic diposisikan dibelakang bisa diakses dengan pintu belakang menggunakan ambulance. Forensic yang akan dilakukan oleh pasien bisa ditangani langsung dengan tingkat keamanan yang baik. Sebelah kanan ada zona area service ada dapur gizi, area laundry, power house, farm house, dan JWT dibawah diletakan sebagai parkir kendaraan beroda dua.

Untuk lantai dua dibagi menjadi 3 zona, yang pertama zona private zona khusus atau zona steril ada ruang operasi, dibelakang zona private ada CSSD yaitu tempat sterilisasi peralatan setelah operasi, sebelahnya ada zona semi public disana ditempatkan untuk rehabilitai medis, pusat pelayan terpadu sebagai salah satu unggulan rumah sakit ini, sebelah selatannya lagi zona service ada gudang farmasi dan area parkir kendaraan roda empat. Lantai tiga untuk zona private ditempatkan diujung bangunan untuk pelayanan kebidanan, verminatologi, PICU, NICU, untuk zona publiknya untuk rawat inap kelas I,II,III, dan rawat inap tahanan kemudian untuk pasien umum ada rawat inap isolasi untuk pasien untuk penyakit yang menular.

Lantai 4 dibagi dua bagian, semi public ada rawat inap VIP dan VVIP sebelahnya untuk zona management dan ada ruang pertemuan yang bisa mencakup 500 orang, jadi kantor operasional rumah sakit berada di lantai empat di zona service.

Disampaikan oleh Kapolda Banten Brigjenpol Listyo Sigit Prabowo bahwa perencanaan pembangunan rumah sakit ini sudah dari tahun 2007 tapi karena sesuatu dan lain hal baru bisa dilaksanakan di tahun ini, disampaikan pula bahwa rumah sakit ini belum memiliki nama, Rumah Sakit Bhayangkari merupakan nama sementara, diharapkan proses pembangunan rumah sakit ini berjalan baik tanpa kendala yang berarti “apa yang sudah kita rencanakan tentunya dapat bermanfaat untuk anggota maupun masyarakat umum”Ungkapnya.


Share Artikel :